Minggu, 29 Juli 2012

Kelas 2 Pelajaran 1 Pengalamanku

Gambar 1.1 Dika dan teman-teman kembali sekolah

Saatnya masuk sekolah kembali.
Tidak terasa sekarang kita sudah kelas dua.
Apa yang kamu lakukan selama liburan kenaikan kelas?
Tentunya kamu memiliki pengalaman yang menarik.
Nah, ceritakan pada temanmu!

A. Memahami Teks Pendek
Tutuplah bukumu dan dengarkan gurumu membacakan teks cerita berikut!

Tamasya ke Taman Buah
Gambar 1.2 Memetik buah manggis
Pada hari Senin, Angga, ayah, ibu, dan tante pergi ke taman buah. Di sana sedang panen manggis. Manggis rasanya enak, ada campuran rasa manis dan asam.
Setiba di sana, aku dipandu oleh seorang kakak. Ia mengajariku memetik manggis. Aku harus memakai galah saat memetik. Setelah buah dipetik, buah ditaruh dalam kantong plastik. Saat ditimbang ternyata aku sudah memanen dua kilogram manggis.

          Sumber: Trubus Kids, Februari 2006
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
  1. Kapan Angga pergi tamasya ke taman buah?
  2. Dengan siapa Angga pergi ke taman buah?
  3. Apa yang dipetik Angga bersama kakak pemandu?
  4. Dengan apa Angga memetik buah manggis?
  5. Berapa kilogram buah manggis yang dipanen Angga?



 

Gara-Gara Menari

Waktu piket di sekolahku aku mengepel lantai. (lanjutkan)

 B. Bertanya kepada Orang Lain dengan Bahasa yang Santun

Apa yang kamu lakukan jika kamu akan mengunjungi rumah temanmu dan kamu tidak tahu alamat rumahnya?
Tentunya kamu akan bertanya  kepada orang lain letak rumah temanmu, bukan?
Nah, untuk itu kamu harus tahu bagaimana bertanya kepada orang lain dengan bahasa yang santun.

Perhatikan gurumu mencontohkan percakapan berikut!
Setelah itu, bercakap-cakaplah dengan temanmu!









Dika : Siapa ______________ ?
Bimo : Nama ayah saya Susilo.
Dika : Apa ________________ ?
Bimo : Ayah saya seorang dokter.
Dika : Di mana ____________ ?
Bimo : Ayah saya bekerja di rumah sakit.
Dika : Berapa _____________ ?
Bimo : Umur ayah saya 35 tahun.
Dika : Bagaimana _________ ?
Bimo : Adik saya sudah sehat.
Dika : Mengapa ___________ ?
Bimo : Adik saya sakit karena makan tidak teratur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar